Welcome
“Pinandita Sanggraha Nusantara”
sebagai wadah pemersatu
Para Pinandita/Pemangku/Wasi/Dukun
di seluruh Nusantara.
Kalender Bali
Profile
Basic Info
Religion & SpiritualtyContact Info
email:sanggrahanusantara@gmail.com office:Pinandita Sanggraha Nusantara "Pura ADITYA JAYA" Jl. Daksinapati No. 10 Rawamangun Jakarta Timur Telp:(+6221) 7098-3858, 770-3574, 546-3858 Fax:(+6221) 546-3811 Bank BRI Cab. Pancoran Jakarta Rekening Britama Nomer : 0390-01-001235-50-8 Bank Mandiri Cab. Jakarta KP Pertamina Rekening Giro Nomer : 119-0004754048 DONASI/PUNIA ANDA SANGAT BERARTI dan BERMANFAAT BAGI PENGEMBANGAN PINANDITA SANGGRAHA NUSANTARA |
Bagaimana blog PSN sekarang?
Monday, March 9, 2009
NYEPI MENUJU SUNYA
Oleh : I Wayan Sudarma (Shri Danu D.P)
”Pada awalnya adalah kegelapan yang sangat pekat. Semua yang ada ini tidak terbatas dan tidak dapat dibedakan. Yang ada saat itu adalah kekosongan dan tanpa bentuk.
Dengan tenaga panas yang sangat dahsyat,terciptalah kesatuan yang kosong”
Rgveda X.129.3.
Hari
Raya Nyepi merupakan keterpaduan antara penyucian diri (mikrokosmos) dengan
penyucian alam semesta (makrokosmos). Melaksanakan mulat sarira, mawas diri, dan
menilai secara jujur dan jernih apa yang telah kita perbuat dan apa yang akan
kita lakukan selanjutnya di tahun mendatang.
Dilandasi ajaran Tat Tvam Asi sebagai konsep kemanusiaan yang universal,
meletakkan dasar kesamaan derajat, harkat dan martabat serta hak dan tanggung
jawab sebagai warga bangsa secara proporsional. Sesungguhnya semua umat manusia
sama di hadapan Tuhan. Karena Ia berasal dari sinar kehidupan yang sama dan dapat bergerak atas kehendakNya. Sira ya ingsun, ingasun ya sira. Karena itu kita semua adalah bersaudara dalam keluarga besar bangsa Indonesia (vasudaiva kutumbhakam)
Melasti- melakukan kegiatan ritual ke laut atau ke mata air dengan prosesi "Nagasankirtan" berjalan beriring-iringan mengusung arca pralingga. Untuk melebur berbagai kekotoran pikiran,perkataan dan perbuatan seraya memohon anugerah air suci, air kehidupan dari dalam samudera yang sekaligus bermakna menghanyutkan penderitaan dan noda-noda kehidupan.Melasti sebagai simbol pembersihan diri dengan
membuang sifat-sifat buruk dan perilaku kotor sehingga upacara Nyepi dapat
dilaksanakan dengan jiwa raga dan pikiran yang suci.
Tilem Kesanga (Tawur Agung atau Bhuta Yajna) yang dilaksanakan sehari menjelang Hari Raya Nyepi dilaksanakan pecaruan yang disebut Tawur Kesanga yang dapat diartikan sebagai pemarisudha atau pembersihan dan bermakna sebagai sarana untuk mengharmoniskan hubungan Bhuana Agung (makrokosmos) dengan Bhuana Alit (mikrokosmos), menyeimbangkan hubungan Panca Maha Bhuta,menyelaraskan fungsi seluruh Indriya yang selama ini bebas mengembara menikmati pesona jagat Maya. Tilem
Kesanga (Tawur Agung atau Bhuta Yajna) sesunguhnya sebagai momentum untuk intropekasi diri (Back And Look Inside), mengalahkan musuh sejati yang selama ini bercokol dalam diri: kebencian, amarah, egoisme, kebingungan, iri hati, dengki, kemunafikan,dan ketamakan. Dengan pengerupukan sebagai simbol telah saatnya
Bhuta Kala untuk kembali ke asalnya yang disebut Somya atau senyap.
Sunyi (sepi) adalah ketika angin menyeruak dedaunan, tiada guman manusia, tiada deru kendaraan, tiada lolongan anjing, tiada gemerincing suara gamelan. Seakan seluruh kehidupan terhenti. Sebelum Matahari terbit sampai menjelang terbit kembali keesokan harinya, umat manusia melaksankan Catur Brata Penyepian: Amati Gni, Amati Karya, Amati Lelungan, dan Amati Lelanguan dengan melaksanakan tapa, brata, yoga, dan meditasi; pembacaan ayat-ayat suci Veda dalam hati di kediaman masing-masing atau tempat-tempat suci. Menghentikan sejenenak aktivitas mikrokosmos dalam upaya intropeksi diri terhadap segala sepak terjang pikiran, perkataan, dan prilaku yang telah kita lakukan serta merenung, menyusun rencana apa yang akan kita lakukan
kemudian guna perbaikan kualitas karma. Dengan Nyepi kita memberikan kesempatan kepada Ibu Pertiwi dan Semesta Jagat Raya yang merupakan Kalpa Vrksa (pemenuh segala
keinginan) untuk beristirahat dan bermeditasi sejenak setelah setahun memenuhi
segala kebutuhan dan asa semua penguninya, agar dapat mereposisi dirinya, sehingga
manusia dan mahluk lainnya dapat hidup nyaman dan aman di kemudian hari.
Karena manusia sesungguhnya mendambakan keharmonisan hidup, kebahagiaan,
kesejahteraan, dan kedamaian. Kitab suci Arthasastra menyatakan bahwa: "dambaan
manusia itu dijamin akan terwujud apabila telah terjadi hubungan harmonis antara
empat faktor, yaitu: Ideologi, Agama, Pembangunan Politik,dan Keagamaan.
Ngembak Gni mengisyaratkan kepada manusia yang "Multikultural" untuk bersatu padu, menghargai perbedaan sebagai kebenaran illahi, memaafkan adalah perbuatan mulia yang akan membuat hidup kita terasa lebih damai.
Melayani mereka yang lemah, membantu mereka yang menderita adalah karma utama
saat ini, karena sesungguhnya melayani semua mahluk dengan cinta kasih, dan kasih sayang adalah bentuk pemujaan kepada Tuhan (serve to all man kind is serve to the God)
Melalui Dharma Santih kita berdoa dan berharap; semoga kita bangkit bersama di bawah sinar suciNya, guna membangun kesadaran dan rasa saling memaafkan, dilandasi kerendahan hati, saling hormat-menghormati, jujur, sederhana, toleransi, mampu memaknai kebebasan dengan rasa penuh tanggung jawab menuju kehidupan yang harmoni, damai, bahagia, dan sejahtera.
Marilah bangkit, bersatu padu dalam kebhinekaan, berkarya sepenuh hati dengan kebersamaan, menuju kesunyataan sejati; menggapai pembebasan tertinggi untuk Sang Diri dari lautan Samsara.
======= "sampaikan kebenaran dengan cara menyenangkan jangan menyenangi
ketidakbenaran walau itu menyenangkan" =======
Katagori
Article
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Katagori
- Article (79)
- Asuransi PSN (2)
- Events (4)
- Pengumuman (17)
- Profile (10)
- Program (2)
- Pustaka-Pustaka (23)
- Religion (11)
- Sarati Banten (1)
- Tirtha Yatra (2)
- Umum (7)
Blog Archive
-
▼
2009
(115)
-
▼
March
(59)
- Lontar YADNYA PRAKERTI
- KUTIPAN LONTAR BHAMA KRETIH Tentang KANISTA, MA...
- Petikan Lontar : TINGKAHING KARYA PANCA WALI KR...
- MAKNA HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN.
- Akreditasi STAH Dharma Nusantara-Jakarta
- BERBISNIS MENURUT AJARAN HINDU
- KORDINATOR PROVINSI DKI JAKARTA ( Lanang - Istri )
- Lintas Agama dan Kepercayaan di Melbourne
- Agama Pada Masa Majapahit
- Ramalan SABDO PALON (Jawa)
- Darmagandhul (Jawa)
- 7 Satrio Piningit menurut Ronggo Warsito
- Uga Wangsit SILIWANGI (Sunda)
- TIRTHAYATRA LAPORAN PERJALANAN SUCI NAPAK TILAS J...
- SEJARAH TERBENTUKNYA “SARATI BANTEN” Se – Jabodetabek
- Pengertian dan Mitologi Wewaran
- MITOLOGI PENYU DALAM AGAMA HINDU DAN KAITAN FILOSO...
- Susunan Tata Surya Menjadi Nama-nama Hari
- Me-DIKSA (Upacara Seda-Raga)
- Serat Darmagandhul
- MAKNA UPACĀRA MAMUKUR & MAPANDES
- TATAKRAMANING SANGGING*
- KRAMANYA SANG KUNINGKIN KARYA SANISTA, MADYA, UTTA...
- CANANG SARI (CARA MEMBUAT DAN KAJIAN FILOSOFIS)
- Upakāra Yang Dipakai Secara Rutin, Manut Kecap Lo...
- WEJANGAN DEWA RUCI
- “MERENUNG”
- MENCARI TUHAN YANG MAHA ESA
- SAMKHYA, NONTEISTIS DUALISME
- Pujawali Pura Agung Wira satya Bhuwana
- Hari Raya Nyepi, Galungan dan Kuningan
- Kiprah Para Pandita di Bali
- NYEPI MENUJU SUNYA
- SANTHI PUDJA (DOA PERDAMAIAN) NUSANTARA
- Trend “GAUL (PACARAN)” Generasi Muda Hindu
- AGAMA, RADIKALISME, DAN TERORISME
- DHARMA DAN SVADHARMA SEBAGAI LANDASAN BUDAYA TERTIB
- PEMAHAMAN UMAT TERHADAP AGAMA HINDU
- PENGARAHAN KETUA UMUM PSN
- TUMPEK LANDEP DAN PENGERTIANNYA
- LEAK BALI
- HARI RAYA GALUNGAN, KUNINGAN DAN NYEPI
- WIWAHA SAMSKARA
- PERNYATAAN SIKAP
- Struktur Organisasi Pusat dan Wilayah
- URAIAN TUGAS DAN PROSEDUR KERJA
- Kawitan Wargasari
- The Gayatri Mantra
- One Minute Meditation
- Ketik reg sirohin
- Dewa Yadnya
- Doa Khusus
- Doa Umum
- Program kerja
- VISI DAN MISI
- Susunan Kepengurusan PSN Periode 2008 – 2013
- Sejarah
- Arti dan Lambang PSN
- Sarasehan Pinandita Sejabotabek
-
▼
March
(59)
No comments:
Post a Comment