Wednesday, February 3, 2010

LONTAR PURWA BHUMI KAMULAN

PURWA BHUMI KAMULAN

PENGANTAR
Om Swastyastu
Semoga dapat menambah kasanah pengetahuan kita semua

Purwa Bhumi Kawulan termasuk kelompok lontar Tattwa. Lontar ini berisi ajaran tentang penciptaan dunia yang diuraikan secara mitologis. Seluruh ajarannya bersifat Siwaistik. Pokok-pokok ajarannya sebagai berikut :
o Bhatara Bhatari adalah dua sumber kekuatan yang mula-mula ada. Dari kekuatan yoga Bhatari terciptalah Dewata, Panca Resi, dan Sapta Resi sebagai isinya dunia.
o Pada tahap berikutnya barulah diciptakan dunia. Gangga tercipta dari cucuran keringat. Samudra tercipta dari garam yang keluar dari badan. Prathiwi tercipta dari
garam yang keluar dari badan. Selanjutnya Sanghyang Dharma menciptakan “Mahapadma”, Matahari, Bulan, Panca mahabutha dan Catur Pramana.
o Setelah itu, Bhatari Uma merubah wujudnya sebagai Durga. Bulu-bulu badannya diciptakan sebagai Kala sumber kejahatan didunia. Dengan kekuatan yoganya, Durga
menciptakan semua isi samudra (ikan dsb.nya).
o Bhatari Guru kemudian turun ke bumi sebagai Bhatara Kala karena tertarik oleh kekuatan pandang Bhatari Durga. Dan dengan kekuatan yoganya Bhatara Kala menciptakan Kala. Manusia adalah santapan Bhatara Kala. Manusia yang disantap adalah :
o Orang yang lahir pada wuku carik (wuku wayang).
o Kadana Kadani (kembar siam)
o Bersaudara Lima
o Tunggak Wareng (tus tunggal)
o Unting-unting (?)
o Uduh-uduh rare bajang (?)
o Selanjutnya Bhatara Kala turun ke dunia membuat tempat pemujaan. Begitu pula Brahma, Wisnu dan Iswara diperintahkan turun ke dunia. Brahma sebagai Brahmana. Wisnu sebagai Bhujangga. Iswara sebagai Resi.
o Brahmana, Bhujangga dan Resi diberi tugas oleh Bhatara Kala menghaturkan sesaji kepada dirinya dan Bhatari Durga dan meruwat sepuluh jenis kekotoran (manusia).
o Itulah permulaan manusia memuja Tuhan. Bhatara Kala dan Bhatari Durga tidak lagi menyantap manusia. Rupanya yang mengerikan kembali seperti semula sebagai Guru dan Uma, kembali ke Siwapada.

TEKS

Om purwa bhumi kamulan, paduka Bhatari Uma; mijil saking limo-limo nira Bhatara guru. Mulaning hana Bhatari minaka somah Bhatara ; mayoga sira Bhatari.

Mijil ta sira dewata, Panca Resi, Sapta Resi; Kosika, sang Garga, Maitri, Kurusya, sang Pratanjala. Kosika wikan padyargha, sinapa dening Bhatara; mijil ta sang hyang Kosika, sakeng kulit sangkanira.

Mijil ta sira sang Garga, sakeng daging sangkanira; mijil ta sira sang Maitri, sakeng otot sangkanira. Mijil ta sang hyang Kurusya, sakeng balung sangkanira, mijil ta sang Pratanjala, sakeng sumsum sangkanira. Genep isi ning bhuwana, apan sampun winastonan; ingutus ikang Bhatara, kalih lan sira Bhatari.

Kinon sira (ng) gawa loka, neher sira sinanmata, kang wikan patengranira, sina pa de Bhatara. Kosika mlesat mangetan, matemahan dadi dengen, sang Garga mlesat mangidul, matemahan dadi sang mong.

Sang Maitri mlesat mangulon, matemahan dadi ula, Kurusya mlesat mangalor, matemahan dadi bwaya. Pratanjala mlesat (ring) madhya, matemahan hyang kurma raja, ingutus sang Pratanjala, tumurun manggawe loka. LUmampah nda tan parowang, ingutus Bhatari Uma; dening paduka Bhatari, tumurun sang Pratanjala. Neher amit anganjali, Bhatara lawan Bhatari, angadeg sireng pantara, awang-awang uwung-uwung. Tan hananing sarwa katon, tan hana ning sarwa umung. Ahening cipta Bhatari, alekas anggawe loka, maka daging ing bhuwana, kalih lan sang Pratanjala.

Karinget akuyu-kuyu, adres titis ing sarira. Tumiba mangkeng Bhatari, mijil ta Bhatari gangga. Mulanira duk samana. Asat karinget Bhatari; metu uyah saking awak, ginutuk ta sepet asin. Tumibeng Bhatari gangga, mijil Bhatari samudra; dinulu awak Bhatari, metu lemah saking awak. Tumibeng Bhatari samudra, mijil Bhatari prathiwi; sarimbag loning prathiwi, sa-payung lo ning akasa. Mulanira duk samana, mayoga ta sira muwah, alekas anggawe loka ……

Yoganira sanghyang Dharma mijil tekang maha padma, maka sesek ing bhuwana.
Mijil ta radtya wulan, maka suluh ing bhuwana; mijil lintang taranggana, maka tulis ing bhuwana. Mijil panca maha Bhuta, maka urip ing bhuwana; mijil ta catur pramana apah, teja, bayu akasa. Urip ing anda bhuwana sampun apasek; mangke punang jagat traya apan sampun sirayoga.

Dinelo Bhatari Uma, satampakira Bhatari: hana putih, hana abang, hana kuning, hana ireng. Kaget Bhatari Sri Uma, agila tuwon ing awak, neher masih nadah janma, mangerak masingha-nada; waja masalit masiyung, tutukilwir jurang parah ro; netra kadi Surya kembar, irung kadi sumur bandung; kuping Iwir leser ing pa (ha;roma…agimbal;awak awegah aluhur, luhur ira tan pantara; tutug ing anda bhuwana, tutug madhya ning akasa; sira ta Bhatari Durga, aranira duk samana.

Satinggal Bhatari Durga, ayoga saang wado Kala; wulune ginawe ala, lanang wadon warna nira. Pada sampun wnastonan, sampun pinugrahan aran, kunang tetendahanira, si cabora, si cabori, si bragla, si bragali, si sanaka, si sanaki, si durana, si durani, si kaleka, si kaleki, si gondala, si gondali, si betala, si betali, garbhayaksa, garbhayaksi, galungan panadah Kala. Pangawaking Kala braja, besawarna mandi-jati, pepelika, pepeleki, agung alitwarna nira.

Yoga ning Bhatari Durga; ri sampunira mayoga, lumebu sireng samudva, mayoga sira irika. Isining dalem samudra, mijil tekang sarwa rupa, duyung kuluyung lan prang-prang, tangiri Kalawan buntek. Tan ilang takonakena.

Genep kabeh punang warna, Yoganing Bhatari Durga, dineleng sireng bhuwana, tutug madhya ning akasa. Tuminghal (ta) Bhatara guru, turun sira sakarengan, mayoga ta sira muwah, matemahan metu Kala. Mangerak masingha-nada, waja masalit asiyung, tutuk lwir jurang parongbrong, netra kadi Surya kalih. Irung kadi sumur
bandung, kuping lwir lalar ing pandung, roma akepel agimbal, awak awegah aluhur.

Luhurira tan pantara, abang tutug ing bhuwana, tutug madhya ning akasa, sira ta Bhatara Kala. Sira ta Bhatari Uma, aranira duk samana, mayoga sa-wadoKala, lanang wadon warnanira. Bhuta bhuti, yaksa yaksi, pisaca Bhuta manganti, maha Bhuta, panca Bhuta,pulung dara (h), pulung dari (h), dewa dengen, Bhuta dengen, daitya, wil lawan danawa, mrajapati anggapati. Kekeliki, pepelika, pepeleki, agung alit warnanira, yoga ning Bhatara Kala.

Ri sampunira mayoga, mangher po sira ring gunung, hyang sangkara naminira, mangher po sira ring alas. Bhuta banaspati raja, banasati sireng kayu, singha-Kala sireng lemah, Kala wisesaa ring akasa. Bhuta lamis sireng watu, Wisnu pujut sreng wengi, bangbang pita ring rahina, Kala nundang sireng dalan. DoraKala sireng lawang, hyang maraja sreng natar, Bhuta suci sireng sanggar, Bhuta sayah ring balyagung. Kala graheng pamanggahan, Bhuta ngandang simpang awan, Kala dungkang sireng batur, Bhuta duleg sireng longan, Bhuta ndelik sireng galar, Bhuta gumulung ing klasa, Bhuta jempang sireng galeng, Bhuta asih ring paturon. Kala mukti sireng pawon, Bhuta ndelep sireng dengen, Kala sakti sireng sanggar, Kala nembah taretepan, Kala nginte sireng pager, Kala ngintip sireng tampul, doraKala sireng lawang, Bhuta ngingel Siwawalan, Bhuta ninjo ring gugumuk, Bhuta ngilo sireng sumur, Bhuta mangsa sireng sema, Bhuta boset pabajangan, Bhuta rerengek ring wates, Bhuta ulu sireng pakung, Bhuta edan (ring) dalan agung, Bhuta wuru sireng sajeng, Bhuta bloh (sir) eng dalan
agung, Bhuta logok (sir) eng tapan, Bhuta bega pamidangan, Bhuta cantuleng
pasajnan, Bhuta simuh sande kawon, Bhuta ngoncang sireng lumpang, Bhuta ngadu
sireng lebuh, kuncang-kancing ring padangan Bhuta grawang Umah suwung, Bhuta
lawang paciringan, Bhuta lepek paperangan, Bhuta rangregek (sir) eng wates, Bhuta
tulu (s) sireng pangkung,Kala-kali ring pajuden, singanjaya ring Kalangan, Kala
edan sireng pasar, sid (dh) a-kara ring patamon, Bhuta dengkol sireng dagan, Kala
mendek ring paseban, Bhuta asih ring paturon, Kala mukti pabetekan, Kala
dengsek pabajangan, Kala dekek sireng sendi.

Dineleng Bhatari Durga, mentas ta saking samudra, sareng lan Bhatara Kala, apa ta jalukanira? Abhasma sira rudhira, kapala ganitri nira, usus ta sandangan-ira, asampet sira bang ireng. Ingemban ingiring-iring, dening wado Kala nira, tan sah ring pasanak ira, angher po sira ring setra. Setra wates pabajangan, kepuh randu kurambiyan, ingayap ing wado Kala, dremba moha nadah janma. Ulih ing anggawe loka, tinadah rahina wengi, binuru inguyang uyang, dening wado Kala nira.

Tinutut sa-paranira, tinadah rahina wengi, kuneng kang tinadah ira, enaknya anadah jalma. Tan salah tinadah-ira, janna wetu wuku carik, wuku wayang wuku nira, kadana (n) lawan kadini. Pandawa lawan metuwang, tunggak wareng, unting-unting, uduh-uduh rare bajang, tinadah rahina wengi. Mangkin krodha Sanghyang Kala, tumurun sira sakareng, angadeg ring sunyantara, anggawe sanggah pamujan.

Neher ta ginawe nira, Brahma, Wisnu, Maheswara, tumurun ring madhyapada, arddha moho’nggawe manusa. Hyang Iswara dadi Resi, Hyang Brahma dadi Brahmana, Hyang Wisnu dadi Bhujangga, ya tha sira mangkengutus, dening pada nira Sanghyang, ngaturaken tadah saji, sari genep saji nira, sampun ta mangke winastwan. Dening pada nira Sanghyang, Brahmana, Bhujangga, Resi, Saiwa Kalawan Saugata, anglukata dasa mala.
Anadah Bhatara Kala, kalih lan Bhatari Durga, tok sekul Kalawan ulan, sarwa genep kang tadahan. Tan ilang takonakena.

Datenge Bhatara Kala, kalih lan Bhatari Durga, angadeg ing puspa-kaki, ingayap ing wado Kala, garjita tumon ing (ta) tadah (an), tan ilang takonakena. Ingundang ing japa mantra, tinabuhan genta-genti, unung kang genta oragan, sangka umung tan pantara. Tutug teka ring akasa, siniratan sekar ura, candana la (wa)n wija kuning, damar murup lawan dhupa. Kukus sakeng dhupa panggi, tutug teka ring akasa, mrebuk arum kang bhuwana, kongas tekeng windu-pada.

Mulaning hana amuja, kang manuseng madhya-pada, tadahan Bhatara Kala, kalih lan Bhatari Durga. Neher sira siramanya : manusa ring madhya-pada, Purnama Kalawan Tilem, tan kasapa de Hyang Kala, tan kasapa de Hyang Durga, Tan katadah de Hyang Kala, lan katadah de Hyang Durga, pan sampun sinuddha-mala, deni wastu nira Sanghyang. Ilang tekang rupa juti, waluya atemahan jati, Hyang Kala temahan Guru, Hyang Durga temahan Uma. Mantuk mareng Siwapada; kalih lan Bhatari Uma; deni wastu nira Sanghyang, lukat sira Sang linukat. Lukat sira sang anglukat. Dewa sira sang linukat, hana sireng Siwapada, mantuk sira mareng swarga.
Angiring ing pada Sanghyang, angadeg ing Suryapada; Kosika mulih mangetan, matemahan Hyang Iswara. Sang Garga mulih mangidul, matemahan Bhatara Brahma; Sang Maitri mulih mangulon. Matemahan Hyang Mahadewa. Kurusya mullih mangalor, matemahan Bhatara Wisnu, Pratanjala mulih (ring) madhya, matemahan Bhatara Siwa. Sakweh ikang wako-Kala, matemahan Widyadhara; manadi Yaksa klawan Yaksi matemahan Widyadhari.

Sami mantuk mareng swarga, angiring paduka-nira, dening wastu nira Sanghyang, mulih kuneng jati purna. Manusa sami kalukat, mantuk maring Siwapada, sampun pada ingastonan,, ilang tekang rupa juti, waluya atemahan jati, dening wastu ira Sanghyang, alinggih ing sthana nira, enang-ening rupa jati.


TERJEMAHAN

Om, Purwa Bhumi Kamulan (awal mula dunia).
Yang Mulia Bhatari Uma, lahir dari pergelangan kaki Bhatara Guru.

Mula-mula yang ada adalah Bhatari, sebagai permaisuri Bhatara . Beryogalah Bhatara dan beryoga pula Bhatari. Lahirlah para dewata, panca resi, sapta resi; Kosika, Sang Garga, Maitri, Kurusya, Sang Pratanjala Kosika pandai dalam hal padyargha, (dan
kemudian) dikutuk oleh Bhatara; Sanghyang Kosika lahir dari kulit. (Kemudian)
Sang Garga lahir dari daging. Sang Maitri lahir dari otot. Sanghyang Kurusya
lahir dari tulang. Sang Pratanjala lahir dari sumsum. Maka lengkaplah isinya
dunia (Bhuwana), sebab telah diisi. Kemudian Bhatara dan Bhatari disuruh
membuat dunia, kemudian ia dinobatkan dan namanya sangat terkenal, dan kemudian
di kutuk oleh Bhatara.

Kosika pergi ke timur, berubah menjadi dengen. Sang Garga pergi ke selatan , berubah menjadi harimau. Sang Maitri pergi ke barat berubah menjadi ular. Kurusya
pergi ke utara berubah menjadi buaya. Pratanjala pergi ke tengah , berubah
menjadi kura-kura besar. Sang Pratanjala diutus turun membuat dunia. Berjalan dengan tanpa teman, (karena) diutus oleh Bhatari (Uma), maka turunlah Sang Pratanjala. Lalu menyembah dan mohon diri (ke hadapan) Bhatara dan Bhatari. Berdirilah ia di antara langit yang kosong. Tidak ada sesuatu yang tampak, tidak ada sesuatu yang bersuara. Maka pikiran Bhatari menjadi hening, lalu mengeluarkan mentra-mentra untuk menciptakan dunia, beserta isinya dunia, bersama dengan sang Pratanjala.

Keringat mengalir dengan deras membasahi badan. Kemudian jatuh menimpa Bhatari (Gangga), maka keluarlah Bhatari Gangga. Pada awal mulanya ketika itu, keringat Bhatari mengering, maka keluarlah garam dari badan yang rasanya sepat dan asin, jatuh menimpa Bhatari Gangga, lalu kelurlah Bhatari Samudra; dilihatnya
badan Bhatari, keluarlah tanah dari badan, jatuh menimpa Bhatari Samudra,
(maka) keluarlah Bhatari Prthiwi; (kemudian) dataran bumi menjadi melebar,
berpayungkan hamparan langit yang lebar. Padaawal mulanya ketika itu, beliau
kembali beryoga, mengucapkan mentra untuk membuat dunia.
Dari yoga Sanghyang Dharma, keluarlah maha-padma, sebagai pelengkap dunia.
Kemudian keluarlah matahari dan bulan sebagai penerang dunia; keluar gugusan
bintang-bintang, sebagai hiasan pada dunia. (Kemudian) keluar Panca MahaBhuta,
sebagai jiwanya dunia; (kemudian) keluar catur pramana (antara lain) apah,
teja, bayu dan akasa. (Sehingga) jiwa anda bhuwana menjadi lengkap dan kuat;
dan sekarang ketiga dunia (menjadi sempurna), oleh yoga beliau. Dipandanglah Bhatari
Uma, setiap yang disentuh oleh Bhatari, ada putih, ada merah, ada kuning dan
ada yang hitam.

Tiba-tiba Bhatari Sri Uma menjadi murka melihat wujud dirinya, lalu tumbuh dorongan untuk memakan manusia, lalu berteriak bagaikan singa meraung. Gigi dan taringnya panjang. Mulutnya bagaikan jurang terbelah dua. Mata bagaikan matahari kembar. Hidung bagaikan sumur kembar. Telinga bagaikan paha berdiri tegak. Rambut digulung, badannya tinggi besar, tingginya tidak terkira, dari anda bhuwana (Bulatan bumi) sampai ke pertengahan langit, beliaulah Bhatari Durga, namanya saat itu. Semua abdi Bhatari Durga, dan abdi-abdi Sang Kala melakukan yoga; bulu-bulunya dijadikan
(sumber)kejahatan, berwujud laki maupun perempuan.

Semuanya sudah diisi dan sudah dianugrahi nama. Adapun nama-namanya adalah Si Cabora, Si Cabori, Si Bragala, Si Bragali, Si Sanaka. Si Sanaki, Si Durana, Si Durani, Si Kalika, Si Kaleki, Si Gondala, Si Gondali, Si Betala, Si Betali, Si Garbhayaksa, Si Garbhyaksi, semuanya berpesta pada Galungan.
Perwujudan Kala Braja, Besawarna yang amat sakti, Pepelika, Pepeliki, ada yang besar dan ada yang kecil wujudnya, Yoga Bhatari Durga.

Setelah beliau beryoga, kemudian menyelam ke dalam samudra, di sana beliau beryoga. Semua isi samudra lalu keluar dalam bentuk aneka rupa seperti : ikan duyung, ikan hiu, dan ikan gergaji, ikan tengiri dan buntek (ikan pendek besar mengandung racun). Dan masih banyak lagi dengan nama masing-masing.

Bhatari Durga beryoga, dipandangnyalah dunia, tembus sampai kepertengahan angkasa. Bhatara Guru melihat, lalu seketika beliau turun. Kemudian beliau beryoga lagi, akhirnya lahirlah (para) Kala. Berteriak bagaikan singa meraung, gigi dan taringnya panjang, mulut bagaikan jurang menganga, mata seperti matahari kembar, hidung bagaikan sumur kembar, telinga bagaikan rambut diurai, badan tinggi besar. Tingginya luar biasa, bumi menjadi merah, tembus ke pertengahan langit, beliaulah Bhatara Kala.

Bhatari Uma nama beliau tatKala itu. Para Kala pembantu (beliau) baik yang laki maupun tatKala itu. Para Kala pembantu (beliau) baik yang laki maupun yang perempuan beryoga. Bhuta Bhuti, Yaksa Yaksi, Pisaca Bhuta menyertai, Maha Bhuta, Panca Bhuta, Pulung Dara (h), Pulung Dari (H). Krti Dara (h), Krti Dari (h), Dewa Dengen, Bhuta Dengen, Daitya, Wil, serta Danawa, Mrajapati Anggapati. Kekelika, Kekeliki, Pepelika, Pepeleki, ada yang besar ada yang kecil bentuknya, yoga Bhatara Kala. Setelah beliau beryoga, lalu beliau tinggal di gunung. Hyang Sangkara nama beliau, (ketika) beliau tinggal di hutan. Bhuta Banaspati, Banaspati pada kayu. Singha Kala pada tanah. Kala Wisesa pada langit. Bhuta Lamis pada batu. Wisnu Pujut pada malam hari. Bangbang Pita pada siang hari. Kala Nundang pada jalan. DoraKala pada pintu
gerbang. Hyang Maraja pada halaman. Bhuta suci pada sanggar. Bhuta Sayah pada
Bale agung. Kala Graha pada Kuburan (pemanggahan). Bhuta Ngadang pada
persimpangan jalan. Kala Dungkang pada bangunan suci (batur). Bhuta Duleg di
bawah tempat tidur. Bhuta Ndelik pada bilah-bilah bambu alas tikar pada tempat
tidur (galar). Bhuta Gumulung pada tikar pandan yang dianyam halus (klasa). Bhuta
Jempang pada bantal. Bhuta Asih pada tempat tidur. Bhuta Delep pada tugu
pekarangan (dengen). Kala Sakti pada tempat suci (sanggar). Kala Nembah pada
cucuran atap. Kala Nginte pada pagar. Kala Ngintip pada tiang rumah. DoraKala
pada pintu gerbang. Bhuta Ngigel pada orang kerasukan. Bhuta Ninjo pada
gundukan tanah diatas kuburan. Bhuta Ngilo pada sumur. Bhuta Mangsa pada
kuburan Bhuta Boset pada kuburan anak-anak. Bhuta Reregek di perbatasan. Bhuta
Ulu pada jurang. Bhuta Edan pada jalan besar. Bhuta Logok pada pertapaan
(tapan?). Bhuta Bega pada pamidangan (?). Bhuta Cantula pada balai pertemuan. Bhuta
Simuh pada waktu senja. Bhuta Nguncang pada lesung. Bhuta Ngadu pada jalan di
depan rumah. Kuncang Kancing pada padangan (?) (alat dapur?). Bhuta Grawang
pada rumah kosong. Bhuta Lawang pada Gang. Bhuta Lepek pada medan perang. Bhuta
Rengregek di perbatasan. Bhuta Tulus pada jurang. Kala Kali pada perjudian.
Singanjaya pada arena perjudian. Kala Edan pada pasar. SiddhaKala pada
pertemuan (patamon). Bhuta Dengkol pada kaki tempat tidur. Kala Mukti pada
dapur. Kala Dengsek pada kuburan anak-anak. Kala Dekek pada dasar tiang rumah.

Dipandangnya Bhatari Durga, lewat samudra, bersama dengan Bhatara Kala. Ia menggunakan darah sebagai basma. Ganitrinya tengkorak manusia. Usus selempangnya. Berselendang berwarna merah dan hitam. Diasuh dan diantar oleh para hambanya (yang terdiri dari) para Kala, tidak jauh dari sanak saudaranya, lalu ia menuju kuburan.Di perbatasan kuburan anak-anak, (pada) pohon kepuh dan randu yang rindang. Dipuja oleh para Kala yang menjadi hambanya, dengan seperti orang mabuk memakan manusia. Upah menciptakan dunia, dimakan., siang dan malam, dikejar dan diperangkap, oleh para Kala yang merupakan para hambanya. Kemana pergi dikejar, dimakan siang dan malam. Adapun manusia yang dimakan dengan enaknya. Tidak lain yang dimakan adalah orang yang
lahir pada Wuku Carik, yaitu orang yang lahir pada Wuku Wayang, lahir kembar
siam (kadana-kadini), bersaudara lima, tunas tunggul (tunggak wareng), unting-unting
(?), (itulah yang) dimakan siang dan malam. Sekarang Sanghyang Kala marah,
seketika ia turun, berdiri diantara dunia yang sepi, membuat sanggar pemujaan.
Lalu diciptakan Brahma, Wisnu dan Maheswara, kemudian turun kedunia,
berkehendak menciptakan manusia. Hyang Iswara menjadi Resi. Hyang Brahma
menjadi Brahmana. Hyang Wisnu menjadi Bhujangga. MereKalah kemudian yang diutus
oleh Tuhan (Sanghyang), (agar) menghaturkan sajen, segala jenis sajen yang
lengkap. Sekarang sudah ditegaskan; oleh Sanghyang, (bahwa) Brahmana,
Bhujangga, Resi, Siwa dan Sogata, (boleh) meruwat sepuluh jenis kekotoran.

Bersantaplah Bhatara Kala bersama dengan Bhatari Durga, tuak, nasi, dan ikan, berjenis-jenis hidangan lengkap. Dan banyak lagi namanya yang lain. Kemudian Bhatara Kala datang, bersama dengan Bhatari Durga, berdiri diatas tangkai bunga, dipuja oleh para Kala yang merupakan hamba sahayanya, sangat senang hatinya, melihat hidangan. Diundang dengan japamantra, diiringi suara genta yang tiada putus-putusnya, suara genta oragan riuh, suara sangka riuh tidak henti-hentinya. Tembus sampai ke angkasa, ditaburi dengan bunga-bungaan, cendana dan bija berwarna kuning, pedupaan dan dupa menyala. Asap dupa panggil tembus sampai ke angkasa, bumi jadi harum semerbak bahkan
sampai ke Windu Pada. (Itulah) awal mulanya adanya manusia dibumi memuja,
mempersembahkan sesajen kepada Bhatara Kala, dan kepada Bhatari Durga. Lalu ia
berjanji, bahwa setiap Purnama dan Tilem manusia di bumi tidak dikutuk oleh Bhatara
Kala dan tidak pula dikutuk oleh Bhatari Durga. Tidak disantap oleh Hyang Kala,
dan tidak pula dimakan oleh Hyang Durga, sebab sudah disucikan kekotorannya
oleh berkat Sanghyang (Tuhan).

Rupanya yang mengerikan kemudian hilang, kembali seperti semula. Hyang Kala menjadi Bhatara Guru, Hyang Durga menjadi Bhatari Uma. Pulang menuju Siwa-pada (tempatnya Siwa), bersama dengan Bhatari Uma, oleh karena berkat. Sanghyang,(akhirnya) teruwat juga orang yang diruwat. Yang meruwat juga teruwat. Yang diruwat adalah Dewa, beliau ada di Siwa-pada. Ia kembali menuju sorga. Setia pada Sanghyang (Tuhan), tinggal di Surya-pada. Kosika kembali ke timur menjadi Hyang Iswara. Sang Garga kembali ke selatan menjadi Bhatara Brahma. Sang Maitri kembali ke barat menjadi Hyang Mahadewa. Kurusya kembali ke utara menjadi Bhatara Wisnu. Pratanjala kembali ketengah menjadi Bhatara Siwa. Semua Kala yang merupakan hamba-hambanya menjadi Widhyadara. Mandiraksa dan Yaksi menjadi Widhyadari. Semuanya kembali ke sorga mengikuti junjungannya. (Semua itu) karena berkat Sanghyang (Tuhan). (Semuanya) kembali seperti
wujudnya semula.

Om Santih Santih Santih Om

Bekasi, 02 Pebruari 2010

Lontar ini milik Jro Tapakan Pasek dari Ds. Kedisan-Kintamani, dan saya hanya mentranskrip ke huruf latin, dan belajar menterjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia.

(Jro Mangku Shri Dhanu)

"Om Namame smaranam Om Padame sharanam"
=======

5 comments:

  1. 行動養成習慣,習慣培養人格,人格影響命運 ..................................................

    ReplyDelete
  2. Om Swastyastu,bunyi mantera Purwa Bhumi Kamulane tsb agak berbeda dg yg ada di daerah Tengger namun isinya sama.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Matur suksme dumogi rahajeng, titiang ngelungsur suratan drue.

    ReplyDelete