Thursday, August 27, 2009

Workshop Calon Pemangku Se-Jawa Barat

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM dan regenerasi dibidang kepemangkuan, Pembimas Hindu kanwil. Dep Agama Jawa Barat mengadakan kegitan Workshop Calon Pemangku se-Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 22-23 Agustus 2009 bertempat di Hotel Endah Parahyangan –Bandung. Workshop kali ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Jawa Barat berjumlah 50 orang (46 laki-laki dan 4 orang wanita).

Kegiatan dibuka oleh Pembimas Hindu Kanwil Dep. Agama Jawa Barat, bapak Drs. I Made Dwiana. Dan pengarahan diberikan oleh Ketua Sanggraha Nusantara Korwil Jawa Barat, bapak Pinandita Drs. I Ketut Jansen.

Pada sesi pertama diberikan materi Sesana Pinandita oleh Drs. I Nyoman Susila M.Si (Kasubdit Penerangan Hindu, Ditjen Bimas Hindu Dep. Agama) dan di sesi kedua beliau juga menyampaikan materi Manggala Upacara (tatacara memimpin upacara keagamaan). Karena menariknya materi diskusi bahkan berlangsung sampai malam jam 23.00.

Tanggal 23 Agustus 2009 dimulai jam 07.00-10.00, materi disampaikan oleh I Wayan Sudarma (Penyuluh Agama Hindu Kota Bekasi), beliau juga salah seorang pinandita Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi. Materi yang disampaikan berkaitan dengan Tetikesa Mantra, baik tata cara mengucapkan, dan dilanjutkan dengan praktek genta, dan diakhiri dengan diskusi yang sangat menarik.

Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan sesi Pitra yajna yang disampaikan oleh I Ketut Astawa, S.Ag (seorang Praktisi agama), yang dilanjutkan dengan sesi praktek memandikan sawa (jenasah). Dan diakhiri dengan diskusi seputar mekingsan di geni, ngaben sampai upacara ngelinggihan dewa hyang.

Acara workshop ditutup pada sore hari pada tanggal yang sama, oleh Pembimas Hindu. Dalam kesan-pesan peserta disampaikan, agar kegiatan sejenis ditingkatkan volume pelaksanaannya, termasuk juga prakteknya. Dan jika memungkinkan agar ada pelatihan khusus praktek ngagem genta dan irama mantra. Dan juga disarankan agar diterbitkan buku panduan resmi oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia maupun Ditjen Bimas Hindu yang lebih lengkap agar dapat dijadikan acuan baku oleh para pinandita dalam melaksanakan pelayanan sehingga perbedaan-perbedaan yang ada di lapangan selama ini dapat diminimalkan.


=======
"Your Hand On Works But Your Heart On God "

No comments:

Post a Comment